Tips Praktis / Cara Mudah Belajar Menguasai IT (Informasi dan Teknologi)

Tips Praktis / Cara Mudah Belajar Menguasai IT (Informasi dan Teknologi)
blog.school.sch.id …
Dalam beberapa kesempatan, saya seringkali menjumpai beberapa rekan-rekan senior saya yang sedikit banyaknya mengeluhkan betapa sulitnya belajar IT itu.
Akan tetapi, dengan segala kerendahan hati saya ingin katakan bahwasannya tidak ada yang terlambat belajar IT itu, walaupun usia katakanlah telah memasuki pensiun misalnya… Maaf.. J
Sahabat Edukasi yang saya hormati, memang ketika ada di depan laptop kita rasakan bagaimana ini cara mengoperasikannya, kita sudah anggap rumit sebelum mencobanya. 

Tips Praktis / Cara Mudah Belajar Menguasai IT (Informasi dan Teknologi)

Percayalah Bapak/Ibu, anggap saja peralatan teknologi yang ada itu seperti halnya perangkat mobile seperti handphone, mengoperasikan remote TV Anda, atau bahkan seperti halnya mengendarai motor atau mobil.

Jadi kata kuncinya, kita akan terbiasa jika kita telah memiliki perangkat IT tersebut seperti sebuah notebook / laptop misalnya, dan tentu saja cara penggunaanya pun bertahap, namun berita baiknya menggunakan laptop itu sesungguhnya lebih mudah daripada menggunakan handphone karena tombolnya lebih besar, monitor / layarnya pun lebih lebar bukan…?
Lalu, bagaimana sih urut-urutan cara mudah mempelajari perangkat IT (Informasi dan Teknologi) maupun internet itu? Silahkan simak 3 (tiga) tips praktis dan singkat berikut ini :
1.  Silahkan dicoba membuka program/ mengetik seperti Microsoft Word. Setelah tangan Anda mulai lancar mengetik silahkan lanjutkan langkah kedua.
2.   Sambungkan perangkat Anda dengan internet / online lalu coba browsing (berselancar di internet), ketik sebuah kata kunci yang sedang Anda cari, misalnya tentang bagaimana ya cara menikmati liburan di hari Minggu yang edukatif itu misalnya, langkahnya adalah kunjungi “www.google.com”, setelah muncul kotak isian silahkan diinput kata kunci Cara Menikmati Liburan di Hari Minggu” atau kata kunci tertentu seperti yang Anda cari, lalu klik tombol “Enter”.
3.   Setelah Anda dapat menemukan sesuatu yang Anda cari tersebut, selanjutnya apa yang Anda ingin pelajari pun insya Allah sebagian besarnya sudah ada di internet. Jadi tahap belajar selanjutnya adalah “belajar internet dari internet…” J
Selain itu, tentu saja jangan segan-segan bertanya pada anak kita yang kebetulan menguasainya, adhik atau saudara kita, teman, dan lain-lain agar lebih menunjang pembelajaran IT kita.

Silahkan dibaca juga : Solusi / Cara Mengatasi Gaptek (Gagap Teknologi)

Selamat mencoba Bapak/Ibu tips praktis belajar IT bagi pemula, tak terkecuali saya yang pemula ini. Semoga IT tak lagi menjadi momok bagi kita semua, namun justru menjadi pemicu senantiasa mengembangkan diri dengan selalu belajar di manapun dan kapan pun… Salam Edukasi…!