Tiga Hal Yang Harus Dimiliki Pemuda Untuk Memenangi “Pertarungan” Masa Depan, Momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 “BERSATU, BANGKIT DAN TUMBUH”

Tiga Hal Yang Harus Dimiliki Pemuda Untuk Memenangi "Pertarungan" Masa Depan, Momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 “BERSATU, BANGKIT DAN TUMBUH”

blog.school.sch.id .. Pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 ini, ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 “BERSATU, BANGKIT DAN TUMBUH”. Dalam kesempatan ini, saya tergugah membagikan tiga hal yang harus dimiliki pemuda memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus mewujudkan cita-cita Indonesia:

1. Karakter

2. Kapasitas/skill

3. Inovasi

Tiga Hal Yang Harus Dimiliki Pemuda Untuk Memenangi "Pertarungan" Masa Depan, Momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 “BERSATU, BANGKIT DAN TUMBUH”

Pertama, diperlukan pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, baik karakter moral maupun karakter kinerja. Indonesia sangat membutuhkan pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Karena itu, pemerintah baik pusat maupun daerah dan institusi perlu memfasilitasi terbangunnya karakter yang tangguh di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda.

Kedua, memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang cukup mumpuni. Para pemuda, misalnya, perlu mendalami studinya secara serius agar menjadi spesialis keilmuan tertentu, yaitu memiliki spesialisasi dalam menguasai suatu bidang pengetahuan secara mendalam sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Para pemuda perlu memiliki skill tertentu bersaing di dunia kerja.

Ketiga, memiliki inovasi-inovasi baru sehingga pemuda Indonesia mampu berperan aktif dalam kancah internasional dan memenangi kompetisi global sekaligus mewujudkan cita-cita Indonesia di masa depan.

Sumber : Latar belakang pada Bab Pendahulan Panduan Penyelenggaraan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021