Rekomendasi Kebijakan Hasil Simposium Pendidikan Nasional Tahun 2015 Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Rekomendasi Kebijakan Hasil Simposium Pendidikan Nasional Tahun 2015 Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
…
Kemendikbud RI bekerja sama dengan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi menggelar Simposium Nasional. Acara bertema β€˜β€˜Membumi-landaskan Revolusi Mental dalam Indonesia” ini digelar di Gedung Ki Hadjar Dewantara lantai 2, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, pada Selasa-Rabu, 24-25 Februari 2015.
Simposium dibagi dalam enam kelompok (cluster). Tiap kelompok membahas satu tema. Acara dibuka dan ditutup oleh Mendikbud Anies Baswedan. Di akhir acara, dihasilkan sejumlah rekomendasi.

Rekomendasi Kebijakan Hasil Simposium Pendidikan Nasional Tahun 2015 Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
Berikut Rekomendasi Kebijakan Hasil Simposium Nasional Tahun 2015 Dewan dan Komite Sekolah :
1. Keberadaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah masih diperlukan. Status Dewan Pendidikan Nasional akan berada ditangan Menteri & akan dikonfirmasi.
2.   Memperkuat peran dan fungsi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah :
a.   Melakukan penguatan kapasitas DP & KS, melalui pengembangan strategi yang lebih efektif (akan didiskusikan masyarakat sipil lebih lanjut bersama Dirjen Dikdasmen).
b.  Memperbaiki regulasi terkait: proses rekruitmen kepengurusan, pembagian kewenangan, kewenangan pengangkatan/penetapan, komposisi/unsure kepengurusan, periode kepengurusan, mekanisme akuntabilitas kinerja (Masyarakat sipil akan menyerahkan Policy Paper untuk dikaji oleh Kemdikbud).
3.  Perlu ada kampanye untuk menggerakan kesukarelawanan masyarakat untuk peduli pendidikan. Target: masyarakat, orang tua/wali, dunia usaha/industri. Siapa: pemerintah (kemdikbud-dikdasmen/kemenag) dan pemda, media masa, masyarakat peduli pendidikan (LSM, OMS, organisasi profesi, ormas, dll)
4. Perlu ada alokasi dana khusus operasional dan penguatan kapasitas Dewan Pendidikan serta penguatasan kapasitas untuk komite sekolah dari APBD. (Perlu surat edaran Mendagri ke semua Pemda agar mengalokasikan dana untuk DP & KS dalam APBD).
Untuk melihat Rekomendasi Kebijakan Hasil Simposium Pendidikan Nasional Tahun 2015 lainnya, silahkan klik pada links di bawah ini :
Demikian rekomendasi kebijakan hasil simposium pendidikan nasional tahun 2015 admin share dari situs Dirjen Dikdas Kemdikbud RI yang mana file lengkapnya dapat diunduh pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!