Pesan Penting Bagi Teman Saya Yang Ingin Jadi Blogger Profesional

Pesan Penting Bagi Teman Saya Yang Ingin Jadi Blogger Profesional
blog.school.sch.id Acap kali bersua dengan rekan guru, operator sekolah, maupun bahkan teman lama sampai dengan teman baru, pertanyaan yang paling banyak dilontarkan kepada saya adalah bagaimana caranya buat blog, membuat artikel, membuat blog terkenal, dan lain-lain, yang jika disimpulkan kata kuncinya yakni bagaimana caranya menjadi blogger yang profesional itu?
menjawab pertanyaan senada, maka sengaja saya ulas dan sekaligus saya publikasikan melalui blog ini, agar kiranya dapat sebagai jawaban awal dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.
Sahabatku semua… Dalam bidang apapun, hobi adalah modal terpenting sebagai bahan bakar (baca : motivasi) yang saya anggap tak akan pernah ada habisnya, karena hobi tak memandang keuntungan semata akan tetapi lebih dari itu yakni mendapatkan kepuasan ataupun kesenangan.
Dan menjadi blogger ini hanyalah salah satu dari sekian banyak cabang hobi yang disukai / digemari oleh sebagian orang. Tak terkecuali seperti saya ini. Mohon maaf, di sini saya tidak membicarakan penghasilan menjadi blogger ataupun penghasilan dari sebuah blog yang saya kelola akan tetapi lebih daripada menekankan apa saja sih yang memotivasi Anda menjadi blogger? Itu yang terpenting menurut saya.

Baca di sini : Cara / Solusi Awal Mengatasi Gaptek (Gagap Teknologi)

Hal ini bukan semata spekulasi dari saya, akan tetapi telah saya analisa dari berbagai kejadian nyata yang terjadi pada teman-teman saya di mana blogger itu jika orientasinya uang, ketika uang maupun penghasilan tak didapat dalam suatu batas kesabaran, maka dipastikan kemauan / motivasi menjalankan aktivitas ngeblog pun akan semakin memudar dan akhirnya hilang sama sekali.

Berbeda halnya jika seseorang menjalani aktivitas ngeblog karena senang, senang berbagi, senang menulis, senang mempublikasikan buah pikiran maupun perasaan ke dalam bentuk tulisan yang selanjutnya tak akan puas jika tidak dipublikasikan di blog, bahkan ada yang baca atau tidak, dipastikan kepuasan itu akan digapai, dan begitu seterusnya, sehingga secara tak terduga sekian lama berkutat pada kesenangan dalam mengisi waktu luangnya itu ternyata telah melahirkan ratusan atau bahkan ribuan tulisan yang tentu saja berdampak pada tingkat pengunjung blog yang sudah meroket.

Pesan Penting Bagi Teman Saya Yang Ingin Jadi Blogger Profesional

Oke… Mungkin ada di antara teman masih mempertanyakan, apa sih motivasi saya ngeblog selama ini, hingga Anda kenal setidaknya nama saya karena belum pernah bertemu dengan saya secara langsung. Untuk menjawabnya, ini kronologis singkat saya dari awal hingga saat ini terkait dengan ngeblog:
1.   Sejak tahun 2008, entah kenapa dengan namanya tulisan di internet saya jadi tertarik, lalu otodidak saya cari di internet dengan 2 (dua) kata kunci yakni: 1. Apa itu blog? Dan Bagaimana caranya membuat blog? Dan tentu saja tidak ada kata kunci yang saya cari bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog bukan?.
2.   Setelah bertugas di daerah yang tak terjangkau internet, saya sewa rumah di daerah yang tersedia internet, dan saya browsing beberapa format surat yang berkaitan dengan pendidikan, dan ada beberapa di antaranya tidak ada di internet. Yang belum ada internet inilah bagaimana kalau diadakan, bagaimana caranya, ya saya harus publikasikan contoh surat tersebut di internet, dan kembali lagi saya olah blog yang sejak 2008 tak terupdate karena selain sarana yang tak tersedia, minimnya ilmu dan pengetahuan, juga tak ada bahan yang menantang untuk saya posting rasanya saat itu.
3.   Puncak aktivitas blog saya secara intensif berlangsung sejak tahun 2013 lalu, di mana ada beberapa informasi penting yang berasal dari pengalaman bekerja yang kebetulan saya kuasai dan ketahui namun belum ada di internet, kemudian secara berkala ketika ada kesempatan saya publikasikan melalui blog.
Dari ketiga ringkasan di atas, saya harap teman-teman dapat memahami latar belakang saya membuat blog tentunya, dan faktor utamanya bukan karena uang, akan tetapi murni karena senang / hobi, lalu bagaimana sekarang, setelah blog ini dimonetize?
Dan untuk menjawab pertanyaan ini, dapat saya simpulkan ngeblog saya sudah tak mengalir seperti dulu lagi, selain alasan kesibukan offline yang semakin padat, juga entah kenapa semakin banyak pertimbangan saat akan posting sebuah artikel dan akhirnya frekuensi ngeblog jauh berkurang dibandingkan dengan dulu saat blog ini belum saya monetize, padahal rumusnya jelas, semakin banyak update, semakin banyak pula peluang peningkatan penghasilannya, akan tetapi rumus ini, tak begitu mempengaruhi peningkatan frekuensi updating blog bagi saya untuk sementara ini.
Namun bukan berarti ngeblog atas motivasi penghasilan itu tidak boleh, dan tentu saja boleh-boleh saja dan banyak kok blogger yang sudah sukses besar dari blognya yang tentunya motivasi awalnya adalah penghasilan.
Pada akhirnya, saya di sini hanya ingin sampaikan pesan penting kepada saya sendiri dan teman-teman yang berminat ingin ngeblog, silahkan tuliskan apapun yang sekiranya baik, benar, dan bermanfaat bagi pengunjung. Karena ngeblog menurut saya juga merupakan sebuah karya yang harus dipertanggungjawabkan kelak di akhirat. Oleh karena itu, ngeblog yang paling benar menurut saya adalah ngeblog yang didasari oleh niat baik, cara baik, dan insya Allah hasilnya juga akan baik. Ingat Sahabat, rejeki tak hanya uang, namun kesehatan, kebahagiaan, anak-anak yang sholeh dan sholehah, pemahaman, dan masih banyak lagi yang termasuk dalam rejeki di dunia ini.

Baca juga : Langkah-Langkah Awal Belajar Menguasai IT (Informasi dan Teknologi)

Oleh karena itu, saya pun saat ini benar-benar sedang mengevaluasi diri, karena tak semua informasi yang saya sajikan benar, adakalanya ternyata ada yang kurang benar dan kurang memuaskan bagi pengunjung blog ini. Dari sinilah saya ingin mengawali cara ngeblog saya, semoga semakin bermanfaat bagi seluruh pengunjung sekalian ke depannya… Amin… Salam Edukasi…!