Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 1 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru

Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 1 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru

blog.school.sch.id Sebuah kenyataan bahwa praksis Pembelajaran musik di SD kelas 1 relatif berbeda. Pembelajaran musik dilaksanakan oleh guru-guru dengan latar belakang kompetensi yang beragam. Ada guru musik dengan kompetensi yang sesuai, tetapi ada juga guru dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Demikian pula, sarana dan prasarana pembelajaran di setiap sekolah pun belum tentu sama. Ada sekolah yang relatif lengkap sarana dan prasarana pembelajarannya. Namun, ada juga yang relatif terbatas. Kondisi ini, seperti tergambar di atas, tidak dapat dihindari. Rasio jumlah sekolah, jumlah pembelajaran musik, jumlah sarana dan prasarana pembelajaran belum sesuai dengan sumber daya gurunya dan sumber daya pendukungnya, serta akses pendidikan. Namun, perbedaan dan keterbatasan tersebut tidak perlu menjadi penghalang pembelajaran musik. Pembelajaran musik adalah pembelajaran yang memfalisitasi aneka pengalaman seseorang mensikapi dan memaknai bunyi dan kehidupan. Melalui pembelajaran musik, daya hidup seseorang dapat dikembangkan menjadi pribadi yang terampil, cerdas, kreatif, memiliki kemampuan koordinasi dan kerjasama, bijak mengapresiasi, dan mandiri.

Penulisan buku panduan guru musik kelas 1 Sekolah Dasar ini merupakan bagian dari program pusat dan perbukuan terbaru. Program penulisan ini berkenaan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang merdeka belajar. Khususnya, kebijakan melakukan penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Melalui kebijakan tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP. Ada tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.

Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 1 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru


Buku panduan ini dirancang dengan spirit menyederhanakan dan  memfasilitasi kebutuhan guru. Implementasi penyederhanaan mengacu kepada capaian pembelajaran terbaru yang telah disusun oleh panitia PUSKURBUK. Melalui buku ini, guru dapat terbantu memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan RPP, dengan mengutamakan tiga inti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.

1. Tujuan Buku Panduan Guru

Penulisan buku panduan guru ini memiliki dua tujuan umum dan khusus. Penulisan ditujukan sebagai usaha membantu pemerintah mewujudkan kebijakan

2 Buku Panduan Guru Seni Musik untuk SD Kelas I

pendidikan merdeka belajar. Memberi pilihan model kurikulum pembelajaran yang lebih sederhana, tanpa mengabaikan hakekat pendidikan. Memfasilitasi pengembangan diri peserta didik sesuai potensi dan minatnya. Membentuk kepribadian yang berkebudayaan. Buku panduan guru ini dirancang khusus untuk membantu guru, melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) musik di Sekolah Dasar (SD) kelas 1. Utamanya, guru-guru dengan latar belakang non musik, atau dengan kondisi sarana dan prasarana pembelajaran terbatas. Diharapkan melalui penggunaan buku ini, guru dapat menguasai keterhubungan tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran sesuai fase peserta didiknya. Guru dapat menguasai seluruh aktivitas pembelajaran, dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir pembelajaran. Guru dapat termotivasi dan terinspirasi melalui metode pengayaan yang disajikan. Guru lebih berani mengembangkan strategi dan metode pembelajaran musik dengan berbagai cara belajar yang kreatif, komunikatif, dan tentunya menyenangkan.

2. Profil Pelajar Pancasila

Di tahun 1928 yang lalu, Ki Hajar Dewantara pernah menulis bahwa music (gendhing) memiliki hubungan terikat dengan pendidikan dan pembelajaran. Integrasi musik dengan pendidikan dan pembelajaran memiliki kegunaan utama. untuk menghaluskan budi dan memerdekakan rasa diri. Termasuk, β€œmemerdekakan manusia sebagai anggota dari persatuan (rakyat).” Kesatuan itu dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, atau mengaktifkan budi pekerti. Ki Hajar telah menanamkan fondasi pendidikan yang memerdekakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Setidaknya ada sembilan prinsip pendidikan yang telah diwariskan Ki Hajar, yakni: kemerdekaan, mandiri, beradab, kodrat, bersusila, kesejahteraan, keselamatan dan kebahagiaan, mengatur diri, dan keselarasan rasa-cipta-karsa. Makna kemerdekaan, bagi Ki Hajar bukan sekedar kebebasan hidup, tetapi kemampuan untuk hidup dengan kekuatan sendiri, menuju ke arah tertib-damai serta selamat dan bahagia, berdasarkan kesusilaan hidup manusia (2013, h. 480). Abstraksi itulah yang kemudian dirumuskan ulang oleh pemerintah. Dijadikan kredo pendidikan nasional. Seperti tertuang dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Nasional. Dalam pasal 3 disebut fungsi dan tujuan pendidikan. Pendidikan nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kini, profil ini dirumuskan ulang dengan nama Profil Pelajar Pancasila. Sebuah profil yang digali dari dalam akar budaya Indonesia namun aktual dan selaras dengan tata kehidupan global. Profil Pelajar Pancasila adalah Pelajar Indonesia sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi terkait dan saling menguatkan. Keenam dimensi ini adalah: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong-royong, dan 6) berkebinekaan global.

 

Unit Pembelajaran 1 Bermain dan Bernyanyi

Kegiatan Pembelajaran 1 Bernyanyi Lagu nasional

Kegiatan Pembelajaran 2 Bernyanyi Lagu Daerah

Kegiatan Pembelajaran 3 Bernyanyi Lagu nasional dan Daerah

Kegiatan Pembelajaran 4 Bermain Tebak Lagu

Unit Pembelajaran 2 Tepuk Tangan dan Entakan Kakimu!

Kegiatan Pembelajaran 1 Mari Mengenal Ketukan

Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Bermain Ritme

Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Mainkan Ritmenya

Unit Pembelajaran 3 Dengarkan dan Bunyikan

Kegiatan Pembelajaran 1 Bermain Bunyi

Kegiatan Pembelajaran 2 Mengenal Bunyi Musikal

Kegiatan Pembelajaran 3 Mengenal Jenis Nada

Kegiatan Pembelajaran 4 Bermain Melodi

Unit Pembelajaran 4 Mari Bermain Musik!

Kegiatan Pembelajaran 1 Pergi Belajar

Kegiatan Pembelajaran 2 Ekspresikan Lagumu

Kegiatan Pembelajaran 3 Aku Anak Indonesia

Kegiatan Pembelajaran 4 Ayo Bernyanyi

Glosarium