Materi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Prototipe Buku Siswa

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Prototipe Buku Siswa

blog.school.sch.id Selamat berjumpa di buku Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X ini. Kami berharap kalian bersemangat menjalani proses belajar mengajar di tahun akademik yang baru ini. Walaupun sebagian besar dari kita menjalaninya secara daring atau luring, bukan bertemu di kelas seperti proses belajar-mengajar yang kita kenal selama ini, tentu hal ini bukanlah halangan tetap menjalaninya dengan penuh semangat dan sukacita.

Tema pembahasan di Kelas X ini adalah bagaimana kita hidup di dalam masyarakat yang majemuk. Indonesia adalah negara yang majemuk, dari segi suku/etnis/ras, budaya, adat istiadat, agama, dan lain-lainnya sudah kita ketahui sejak lama. Tetapi pengetahuan saja tidaklah memadai bila kita tidak memiliki sikap hidup dan menjalankan aktivitas yang diharapkan dari setiap anggota masyarakat majemuk itu sendiri. itu, serangkaian pembekalan disajikan agar kita dapat menjalankan peran aktif sebagai anggota masyarakat majemuk yang menyumbang pada keberlangsungan kehidupan bermasyarakat.

Semua pembekalan ini berangkat dari empat tema (atau elemen) yang lebih kecil, yaitu Allah Berkarya, Manusia dan Nilai-nilai Kristiani, Gereja dan Masyarakat Majemuk, serta Alam dan Lingkungan Hidup. Elemen pertama adalah bagaimana kita menyadari bahwa pertumbuhan setiap manusia adalah menuju ke tahap dewasa (Bab I). Semua pertumbuhan ini kita jalani dengan penuh rasa syukur terhadap penyertaan Allah (Bab II) dalam bentuk petunjuk untuk nilai-nilai Kristiani (Bab III) yang kita terima melalui orang tua kita (Bab IV) dan hanya dimungkinkan bila kita menjalani sesuai dengan pesan bagaimana seharusnya kita hidup sebagai umat pilihan Allah (Bab V dan Bab VI).

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Prototipe Buku Siswa


Elemen kedua semakin membuka mata kita tentang kebersamaan kita terhadap sesama kita (Bab VII) sebagai umat yang menjalani hidup sesuai dengan keteladanan Allah yang Maha Setia. Maha Adil, dan Maha Kasih (Bab VIII). Elemen ketiga membahas hal penting yang harus kita perhatikan tentang hidup yang tidak mementingkan diri atau golongan sendiri, melainkan hidup seperti bagaimana Allah menciptakan semua manusia, yaitu sama di hadapan-Nya, tidak membeda-bedakan (Bab IX dan Bab X). Elemen terakhir adalah menjalankan hidup yang bertanggung jawab, bukan hanya terhadap sesama manusia, melainkan juga terhadap seluruh alam ciptaan Allah (Bab XI dan Bab XII). Petunjuk lebih lengkap dapat kalian baca di bagian Petunjuk Penggunaan Buku. Selamat menjalani proses belajar-mengajar ini dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tuhan Yesus memberkati.

Bab I Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek

Bab II Melangkah Bersama Allah

Bab III Nilai- nilai Kristiani

Bab IV Orang Tua adalah Pendidik Utama

Bab V Allah Pembaru Kehidupan

Bab VI Makna Hidup Baru

Bab VII Aku dan Sesamaku

Bab VIII Prinsip Setia, Adil, dan Kasih

Bab IX Allah Menolak Diskriminasi

Bab X Hidup dalam Masyarakat Majemuk

Bab XI Allah Menciptakan Alam dan Keindahannya

Bab XII Berperan Aktif Mencegah Perusakan Alam