Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Prototipe Buku Guru

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Prototipe Buku Guru

blog.school.sch.id pada hakikatnya merupakan proses pendewasaan manusia menjadi manusia seutuhnya, yakni manusia yang memiliki kesempurnaan pada seluruh dimensi kehidupan manusia. Guna mewujudkan tujuan itu, mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki peran strategis dalam konteks pembangunan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME.

Sebagaimana amanat Undang-Undang, agama di sekolah menjadi salah satu upaya pendewasaan manusia pada dimensi spiritualreligius. Buku ini hadir sebagai bagian dari upaya mendukung perwujudan tujuan tersebut. Maksud ketersediaan buku ini adalah untuk pedoman dan inspirasi bagi guru dalam pembelajaran dan sebagai pedoman untuk mendampingi peserta didik mempelajari buku siswa. Hal ini dikarenakan guru memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik . Tentu saja guru dapat memperkaya dengan berbagai ragam kreativitas dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari kearifan lokal sesuai dengan karakteristik peserta didik jenjang SMP.

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum Prototipe Buku Guru


Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Dengan demikian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini sangat kami harapkan. Semoga kita dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan , khususnya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan Budi Pekerti) β€œPelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Enam dimensi pelajar Pancasila:


1.   Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

2.   Mandiri

3.   Bernalar kritis

4.   Kreatif

5.   Bergotong-royong

6.   Berkebinekaan global.

Profil Pelajar Pancasila merupakan cita-cita, tujuan besar pendidikan, dan komitmen penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Profil lulusan merupakan representasi karakter serta kompetensi yang diharapkan terbangun utuh dalam diri setiap pelajar Indonesia.

Semester Ganjil

Bab I Al-Qur’an dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup

Bab II Meneladan Nama dan Sifat Allah Untuk Kebaikan

Bab III Menghadirkan Salat dan Zikir Dalam Kehidupan

Bab IV Mengagungkan Allah SWT. Dengan tunduk pada perintah-nya

Bab V Damaskus: Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 m)

Semester genap

Bab VI Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT.

Bab VII Mawas Diri dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan

Bab VIII Menghindari Gibah dan Melaksanakan Tabayun

Bab IX Rukhsah: Kemudahan Dari Allah SWT Dalam Beribadah Kepada-Nya

Bab X Andalusia: Kota Peradaban Islam di Barat (756-1031 M)