Materi Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru

blog.school.sch.id Buku mata pelajaran Agama Buddha dan Budi Pekerti ini disusun sebagai tindak lanjut atas penyesuaian Kurikulum 2013 yang telah disederhanakan. Beberapa kaidah yang disesuaikan adalah Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Buddha dan Budi Pekerti yang terdiri atas tiga elemen yaitu Sejarah, Ritual, dan Etika. Selaras dengan nilai-nilai Pancasila dasar negara adalah menjadi Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia dan berkebhinnekaan global, melalui upaya memajukan dan melestarikan kebudayaan memperkuat moderasi beragama, dengan menyelami empat pengembangan holistik sebagai entitas Agama Buddha mencakup pengembangan fisik (kāya-bhāvanā), pengembangan moral dan sosial (sīlabhāvanā), pengembangan mental (citta -bhāvanā), serta pengembangan pengetahuan dan kebijaksanaan (paññā -bhāvanā).

Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Sekolah Dasar dibuat sebagai panduan bagi guru dan peserta didik yang beragama Buddha. Penyusunan buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti berlandaskan pada Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta sudah diselaraskan dengan silabus sesuai kurikulum 2021. Buku ini sudah dilakukan review, perbaikan, dan penelahaan dari tim editor di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Prototipe Buku Guru


Materi yang tertuang dalam buku ini relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia peserta didik. Buku ini disajikan dengan konsep yang mengedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Buddha yang diharapkan mampu membentuk karakter Buddhis bagi peserta didik. Dalam buku ini selain memuat materi juga memuat sistem penilaian beserta hasil yang diharapkan. Buku ini diharapkan akan dapat menggambarkan pembentukan proses pembelajaran dari hal yang bersifat faktual, konseptual, dan aktivitas peserta didik. Dalam buku ini guru dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang relevan sesuai dengan keadaan peserta didik.


BAB 1 – TERBUKA TERHADAP KEBERAGAMAN

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

1. Keberagaman dalam Keluarga

2. Menghargai Perbedaan dalam Keluarga

3. Menghargai Perbedaan di Sekolah

4. Meneladan Boddhisattva

BAB II – BAHASAKU IDENTITASKU

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

5. Berdoa, Berparitta, dan Bermantra

6. Aku Tak Lupa Berdoa

7. Indahnya Bahasa Dalam Doaku

8. Bahasa Indonesia adalah Bahasa Doaku

BAB III – BUDAYAKU IDENTITASKU

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

9. Toleransi Dalam Budaya

10. Agama Pembawa Damai

11. Agama Pemersatu Budaya

12. Indahnya Perbedaan

BAB IV – PERGAULANKU

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

13. Etika Pergaulan

14. Bergaul dengan Sesama

15. Seni Memecahkan Masalah

16. Bergaul dengan mereka yang Bijaksana

BAB V – BERAGAMNYA KEGIATAN KEAGAMAANKU

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

17. Doa dan Tradisi Agama Buddha

18. Doa Syukur dalam Agama Buddha

19. Tradisi Agama Buddha

20. Tempat Ibadahku

BAB VI – HIDUP BERSIH DAN SEHAT

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

21. Hidup Bersih di Rumah

22. Hidup Bersih di Sekolah

23. Hidup Bersih di Tempat Ibadah

24. Jiwa Ragaku Bersih

BAB VII – KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

25. Perilaku Hidup Bersih

26. Manfaat Hidup Bersih

27. Menjaga Kelestarian Lingkungan

BAB VIII – ALAM SAHABATKU

A. Gambaran Umum Bab

B. Skema Pembelajaran

C. Panduan Pembelajaran

28. Lingkunganku Sahabatku

29. Menyayangi Hewan dan Tumbuhan

30. Alam Kehidupan