Materi Pelajaran IPS Kelas 10 SMA Buku Siswa Kurikulum Prototipe

Materi Pelajaran IPS Kelas 10 SMA Buku Siswa Kurikulum Prototipe

blog.school.sch.id Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan gabungan dari berbagai rumpun ilmu sosial dan humaniora yang harapannya dapat mendorong peserta didik menganalisis berbagai fenomena manusia, masyarakat dan lingkungan dengan perspektif IPS. Interaksi manusia baik sebagai individu maupun kelompok dalam interaksi dengan alam dan lingkungan hidupnya adalah fokus kajian IPS. Mata pelajaran Sejarah Indonesia dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan waktu dalam konteks Indonesia menjadi materi yang disampaikan dalam buku ini. Mata pelajaran sosiologi dengan fokus kajian individu dan masyarakat dalam konteks masyarakat Indonesia adalah materi yang disampaikan dalam buku ini. Pada bagian awal disajikan sejarah dan perkembangan sosiologi yang kuat dengan konteks masyarakat Barat. Mata pelajaran ekonomi dengan fokus kajian upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan alat pemuas yang terbatas disajikan dengan konteks Indonesia.

Harapannya dapat memfasilitasi kecakapan peserta didik agar berpikir ekonomis dan bertindak ekonomis secara bijaksana sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Mata pelajaran geografi dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan interaksinya dengan alam dan lingkungannya disajikan dalam buku. Harapannya dapat memfasilitasi dan mendorong peserta didik akan sadar ruang, memahami bagaimana mengelola ruang termasuk menjadi warga negara aktif yang menjaga keberlanjutan lingkungan di mana mereka tinggal.

Materi Pelajaran IPS Kelas 10 SMA Buku Siswa Kurikulum Prototipe


Buku guru mata pelajaran IPS kelas X menyajikan panduan dan rekomendasi bagi guru memandu pembelajaran IPS kelas X. Materi yang disajikan telah disesuaikan dengan konten maupun aktivitas yang terdapat di buku teks siswa. Terdapat dua bagian dari buku guru yaitu bagian awal mengenai petunjuk umum, menyajikan informasi mengenai berbagai metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru. Bagian kedua merupakan petunjuk khusus yang memaparkan rekomendasi kegiatan pembelajaran, penilaian dan beberapa aspek lain yang dapat dilakukan oleh guru. Bapak/Ibu guru hendaknya mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan konteks daerah, sekolah, dan peserta didik. Rekomendasi proyek penelitian kolaboratif disampaikan di akhir buku yang bertujuan mendorong peserta didik memahami suatu fenomena secara interdisipliner.

Tujuan dari pendidikan IPS yang disajikan melalui buku ini, baik ranah kognisi, afeksi dan psikomotorik adalah:

      Menumbuhkembangkan perspektif IPS dalam mengkaji fenomena manusia, masyarakat dan lingkungan.

      Berkontribusi secara positif menjadi warga negara aktif agar berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran dari yang mengusung semangat merdeka belajar dan menekankan aspek kompetensi baik sikap, pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan secara terpadu baik melalui materi, aktivitas dan proyek pembelajaran. Kegiatan evaluasi, refleksi dan pertanyaan HOTS (Higher Order Thinking Skill) disajikan terpadu melalui materi, lembar aktivitas, pengayaan, rekomendasi proyek, rekomendasi proyek kolaboratif dan evaluasi.

Referensi disajikan ditiap akhir tema dengan tujuan menginformasikan kepada pembaca agar dapat melanjutkan studi dari berbagai referensi. Penjelasan konsep disajikan dalam setiap materi yang berkaitan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari konsep atau teori yang disampaikan.

Tema 01, Sejarah Indonesia: Manusia, Ruang, dan Waktu

Tema 02, Sosiologi: Individu dan Masyarakat

Tema 03, Ilmu Ekonomi: Manusia dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan

Tema 04, Geografi: Manusia, Ruang dan Lingkungan