πŸ’‘ Pedoman Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2021

πŸ’‘ Pedoman Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2021

hari kebangkitan teknologi nasional

BLOG.SCHOOL.SCH.ID – Hari Kebangkitan atau Hakteknas diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Awal mula peringatan hari besar ini ditandai oleh penerbangan perdana pesawat terbang hasil karya anak bangsa, N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Pesawat ini menjadi tonggak tumbuhnya Iptek di negara kita.

Memperingati Hakteknas sejatinya merupakan upaya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran bangsa Indonesia terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan . Karena seperti tahu, perkembangan Iptek memegang peran penting bagi kemajuan bangsa.

Maka dari itu, menjelang peringatan Hakteknas, pemerintah dalam hal ini Kemdikbudristek selalu menggelar seremoni dan rangkaian kegiatan, serta menetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat.

Berikut ini kami bagikan pedoman/panduan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2021. Namun disini hanya menampilkan poin pokoknya saja, yaitu tema, tujuan dan bentuk kegiatan.

Tema dan Subtema

Tema pada peringatan HAKTEKNAS Ke-26 Tahun 2021 adalah β€œIntegrasi Riset untuk Indonesia Inovatif”
Sub tema: β€œOptimisme Inovasi Berbasis di Tengah Pandemi”

Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan hasil-hasil ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta inovasi di sektor pendidikan kepada masyarakat luas.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membangun ekosistem iptek yang terintegrasi dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta upaya pemerintah dalam menyiapkan talenta iptek masa depan.

Logo Hakteknas 2021

logo hakteknas 2021

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan peringatan HAKTEKNAS Ke-26 Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual menyesuaikan situasi yang terjadi sekarang.

Diantaranya adalah webinar yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek tanggal 10 Agustus 2021 yang disiarkan langsung melalui kanal youtube. Ada juga webinar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengambil tema “Digitalisasi Inovasi untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Indonesia”. Sementara itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) mengusung tema webinar “Digital Twin untuk Daya Saing Bangsa”.

Demikianlah pedoman pelaksanaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2021 yang dapat kami bagikan. Semoga peringatan Hakteknas tahun ini membawa kemajuan bidang teknologi di negara kita.

Sumber: https://lldikti1.ristekdikti.go.id/details/apps/2849