💡 Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

💡 Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

jadwal seleksi akademik PPG

Kabar menggembirakan bagi teman-teman guru akan mengikuti PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Direktorat Pendidikan Profesi Guru telah resmi merilis pelaksanaan seleksi bagi guru yang telah lolos seleksi administrasi bulan lalu (berjumlah 391.530 guru).

Ini merupakan kabar yang ditunggu-tunggu, sebab pelaksanaan seleksi yang rencananya dilaksanakan bulan Maret mengalami penundaan.

Untuk itu, bagi rekan-rekan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, perlu segera mempersiapkan diri mengikuti alur dan keteentuan seleksi yang akan dilaksanakan secara daring berbasis domisili mulai tanggal 9 s.d. 24 April 2022.

Seperti diketahui, PPG Daljab 2022 dapat diikuti oleh guru berstatus ASN, guru swasta, PPPK, maupun GTT di sekolah negeri yang memiliki SK Kepala Daerah. Semua guru tentu berharap bisa lolos dan lulus PPG ini.

Nah, berikut ini tahapan persiapan seleksi oleh peserta sebagai berikut:

a. Instalasi aplikasi seleksi akademik secara mandiri mulai tanggal 2 April 2022. Aplikasi Seleksi Akademik dapat diunduh pada laman ppg.kemdikbud.go.id.
b. Cetak kartu peserta seleksi akademik yaitu pada tanggal 6 April 2022 melalui akun SIMPKB masing-masing.
c. Koordinasi peserta dengan pengawas sesuai pembagian sesi masing-masing peserta (tercantum pada kartu peserta) sebagaimana jadwal yang ditentukan
d. Uji coba seleksi akademik sesuai jadwal yang ditentukan

Jadwal Pelaksanaan Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan tahun 2022

seleksi akademik ppg daljab

Dengan dikeluarkannya jadwal di atas, Bapak/Ibu perlu segera mempersiapkan diri baik persiapan belajar maupun perlengkapan teknis yang dibutuhkan. Berdasarkan pengalaman seleksi akademik daring berbasis domisili tahun lalu, peserta harus mengikuti semua ketentuan yang ada agar tidak mendapat sanksi dari pengawas. Sehingga persiapan sedari awal perlu segera dilakukan.

Selain itu, aspek teknis lain seperti kecepatan internet, jaringan listrik, spesifikasi laptop/komputer perlu dipersiapkan semaksimal mungkin agar waktu pelaksanaan berjalan tanpa kendala.

Mudah-mudahan rekan-rekan yang mengikuti seleksi kali ini lolos semua dan terjaring sebagai peserta PPG Daljab tahun 2022.

Sumber: Surat Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Nomor 840/B2/GT.00.03/2022 tentang Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 download