💡 Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah dan Surat Permohonan Pindah

💡 Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah dan Surat Permohonan Pindah

surat pindah sekolah, surat permohonan pindah sekolah, surat pindah siswa

Mengajukan merupakan hak setiap siswa. Dengan alasan tertentu, orang tua bisa mengajukan mutasi siswa dari lama untuk melanjutkan ke baru yang diinginkan.

Meski demikian, orang tua harus punya pertimbangan matang dalam memindahkan anaknya. Tak ada yang menyukai perubahan, terutama anak-anak. Bagi anak, perubahan akan membawa mereka pada ketidakpastian karena umumnya mereka masih belum bisa menerima dan memahami situasi yang terjadi.

Beberapa alasan pengajuan sekolah diantaranya mengikuti orang tua, pindah rumah, bencana alam/sosial, dan alasan lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk memastikan bahwa siswa tersebut tidak putus sekolah, biasanya sekolah lama lebih dulu meminta kepastian bahwa siswa tersebut akan diterima di sekolah baru. Sehingga ketika proses mutasi selesai, siswa bisa langsung melanjutkan kegiatan belajarnya.

Baca juga : Contoh SK Komite Sekolah Terbaru

Adapun alur mutasi/pindah sekolah sebagai berikut:

1. Orang tua/wali membuat surat permohonan pindah sekolah.
2. Kepala sekolah menyetujui dan membuatkan surat keterangan pindah sekolah.
3. Orang tua menyerahkan surat keterangan ke sekolah baru, dan melapor kembali ke sekolah lama bahwa siswa tersebut telah diterima di sekolah yang baru.
4. Sekolah lama mengeluarkan siswa dari dapodik dan sinkronisasi.
5. Sekolah baru melakukan tarik data siswa ke dapodik dan sinkronisasi. Proses mutasi siswa selesai jika siswa yang bersangkutan telah masuk data dapodik sekolah baru.

Berdasarkan alur di atas, maka ada 2 dokumen yang dibutuhkan yaitu surat permohonan pindah (dibuat orang tua) dan surat keterangan pindah sekolah (dibuat kepala sekolah). Bagi anda yang membutuhkan kedua format surat tersebut, bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:

Unduh file:
Surat Keterangan Pindah Sekolah
Surat Permohonan Pindah

Seperti telah dijelaskan di atas, mutasi siswa saat ini tidak cukup dengan surat keterangan di atas. Jauh lebih penting dari itu, sekolah lama (melalui operator sekolah) harus segera mengeluarkan siswa dari dapodik agar bisa dimasukkan ke dapodik sekolah baru.

Baca juga: Contoh SK Tim Literasi Sekolah

Demikian informasi tentang alur pindah siswa beserta contoh surat keterangan pindah sekolah. Semoga bermanfaat.